Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis yang Ternyata Sangat Gampang
Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis – Saat ini, banyak orang yang melakukan bisnis secara online. Salah satu aplikasi pendukung bisnis online paling terkenal ialah WhatsApp Bisnis. Ada banyak fitur pendukung untuk berbisnis online, salah satunya ialah fitur pesan otomatis. Berikut cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis yang sangat gampang:
Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis yang Ternyata Sangat Gampang
1. Unduh WhatsApp Bisnis
Langkah pertama, pengguna harus mengunduh WhatsApp Bisnis lebih dulu. Caranya sangat gampang, cukup masuk ke Play Store. Ketikkan WhatsApp Bisnis di kotak pencarian, setelah itu pencet opsi cari. Selanjutnya tekan opsi Install, dan tunggu sampai aplikasi terunduh sempurna. Bila sudah terunduh, segera buka aplikasi tersebut.
2. Buat Akun dan Profil Bisnis
Langkah yang kedua ialah membuat akun, serta profil bisnis pengguna. Nantinya pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon lebih dulu. Setelah itu, pengguna akan melakukan verifikasi. Jika verifikasi berhasil, selanjutnya pengguna akan diminta untuk menuliskan nama bisnisnya, dan juga memasang foto profil.
Setelah itu, pengguna akan diminta untuk melengkapi profil bisnisnya. Mulai dari mengatur jam operasional, menampilkan foto produk, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, para pelanggan akan mendapat informasi yang jelas mengenai bisnis yang dijalankan pengguna.
3. Tekan Opsi Titik Tiga
Langkah selanjutnya ialah membuat pesan otomatis. Gunanya adalah untuk membalas pesan dari pelanggan ketika penjual belum bisa membalas pesannya secara langsung. Jadi, pembeli tidak akan merasa diabaikan dengan adanya fitur pesan otomatis ini.
Baca juga : Cara Mengatasi WiFi No Internet Access
Untuk memulai pesan otomatis di WhatsApp Bisnis sangat gampang, pertama tekan opsi titik tiga. Opsi tersebut berada di sebelah kanan atas layar. Setelah menekan opsi tersebut, pengguna akan dibawa ke halaman lain. Halaman tersebut berfungsi untuk mengatur akun WhatsApp Bisnis pengguna.
4. Masuk ke Pengaturan
Langkah berikutnya ialah masuk ke Pengaturan. Setelah masuk ke Pengaturan, cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis berikutnya ialah masuk ke Pengaturan Bisnis. Nantinya pengguna akan menemukan menu Away Message, pilih menu tersebut. Pengguna akan menemukan banyak jenis pesan otomatis di dalam menu tersebut.
Beberapa jenis pesan otomatis yang terdapat di WhatsApp Bisnis ialah Away Message, Greeting Message, Quick Replies, dan juga Label Pesan. Pengguna bisa memilih salah satunya, atau mengaktifkan semua pesan otomatis tersebut.
5. Aktifkan Fitur Send Away Message
Salah satu jenis pesan otomatis WhatsApp Bisnis yang paling disukai ialah Send Away Message. Untuk mengaktifkannya sangatlah gampang. Pengguna hanya perlu menggeser tombol di opsi Send Away Message, supaya bisa aktif. Setelah aktif, pengguna akan diminta untuk menuliskan pesan otomatisnya.
Baca juga : Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus
Setelah menuliskan pesannya, pengguna akan diminta untuk mengatur jadwal pengiriman pesan. Apakah pesan otomatis tersebut dikirim setiap saat, atau hanya disaat tertentu saja. Atur jadwal pengiriman pesan otomatis dan langsung menuju ke langkah yang terakhir.
6. Pilih Penerima Pesan Otomatis
Langkah terakhir ialah memilih penerima pesan otomatis tersebut. Pengguna bisa memilih siapa saja, yang akan menerima pesan otomatis tersebut. Biasanya para pemilik bisnis online akan mengirimkan pesan otomatis tersebut untuk semua orang. Jika memilih opsi untuk semua orang, maka pesan otomatis tersebut akan aktif diluar jam operasional bisnis.
Setelah mengatur semuanya, langkah terakhir ialah menekan opsi Save atau simpan. Dengan begitu, pesan otomatis di WhatsApp Bisnis sudah aktif. Cobalah untuk mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp Bisnis tersebut, untuk memeriksa apakah pesan otomatis sudah berfungsi atau belum.
Itulah cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis yang ternyata sangat gampang. Pastinya dengan adanya fitur pesan otomatis ini, akan sangat membantu penjual. Pelanggan pun jadi tidak merasa terabaikan dengan pesan otomatis tersebut.