Cara Membuat ID Zoom Meeting dengan Praktis dan Mudah
Cara Membuat ID Zoom Meeting – Aplikasi Zoom saat ini memang sering dimanfaatkan untuk digunakan pada sebuah pertemuan. Untuk dapat mengadakan pertemuan tersebut harus mempunyai akses ID. Namun, masih banyak yang bingung caranya. Berikut akan dijelaskan cara membuat ID Zoom meeting dengan mudah serta simple saja:
5 Cara Membuat ID Zoom Meeting dengan Praktis dan Mudah
1. Unduh Aplikasi
Sebelum memulai untuk membuat ID meeting, pastikan dahulu sudah mempunyai aplikasi Zoom. Apabila belum mempunyai, maka unduhlah terlebih dahulu aplikasi tersebut. Untuk mengunduhnya bisa dilakukan di Play Store atau bisa juga dari halaman resmi yang telah disediakan.
Unduh aplikasi Zoom dan tunggu hingga proses unduhan selesai dengan sempurna. Apabila sudah selesai diunduh, maka bisa langsung digunakan untuk mengadakan sebuah pertemuan. Bukalah terlebih dahulu aplikasi Zoom untuk bisa melangkah ke tahapan berikutnya.
2. Buatlah Akun
Cara yang kedua adalah dengan membuat akun Zoom dahulu, tanpa mempunyai akun mustahil bisa mengadakan sebuah pertemuan. Pada halaman pertama aplikasi, pengguna akan langsung dihadapkan sebuah tampilan untuk masuk atau mendaftar. Jika sudah membuat akun sebelumnya, maka bisa langsung masuk dengan menggunakan akun tersebut.
Namun, apabila belum pernah membuatnya maka buatlah dahulu. Untuk membuatnya juga sangat mudah dan sederhana saja. Tinggal menggunakan akun Google yang dimiliki, pengguna sudah dapat mempunyai akun Zoom. Bisa juga dengan menggunakan akun Facebook, bila memiliki akun dari aplikasi tersebut.
Baca juga : Aplikasi Pemutar Video Telegram
3. Jalankan Aplikasi
Apabila sudah berhasil dalam membuat akun, maka pengguna bisa menggunakan aplikasi Zoom dengan optimal. Masuklah ke dalam aplikasi Zoom menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.
Di dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat menggunakan semua fitur yang ada. Bisa melakukan sebuah pertemuan yang diadakan sendiri maupun orang lain.Jika ingin mengikuti pertemuan dari orang lain, maka bisa menggunakan fitur “Join Meeting” dan memasukkan link atau ID yang sudah diberikan oleh penyelenggara.
Namun, jika ingin mengadakan pertemuan sendiri maka harus membuat ID terlebih dahulu. Fungsi dari ID tersebut adalah supaya orang lain bisa bergabung dalam pertemuan tersebut.
4. Membuat ID Meeting
Untuk cara membuat ID Zoom meeting yang berikutnya adalah dengan menggunakan fitur “New Meeting.” Fitur tersebut digunakan untuk mengadakan sebuah pertemuan baru dengan jumlah beberapa peserta. Penyelenggara bisa langsung menggunakan fitur tersebut untuk membuat ID Zoom meeting.
Setelah dapat masuk ke dalam fitur tersebut, akan terdapat kolom yang harus dilengkapi. Mulai dari nama pertemuan yang akan diadakan hingga pengaturan lainnya.
Baca juga : Software Web Design
Isilah kolom tersebut dengan lengkap dan juga sesuai dengan pertemuan yang akan diadakan. Jika sudah, penyelenggara akan mendapatkan sebuah link atau ID dari pertemuan yang sudah dibuat.
5. Sebarkan ID Atau Link
Setelah mendapatkan ID dari pertemuan tersebut, penyelenggara bisa menyebarkannya ke semua peserta yang ikut. Pastikan ID tersebut benar dan tidak ada satu karakter yang terlewat. Pasalnya, apabila ada yang salah maka peserta tidak dapat masuk ke dalam pertemuan tersebut.
Jadi, pastikan dahulu ID yang disebarkan sudah benar serta sesuai.Namun, jangan bagikan ID pada semua orang yang tidak ingin berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Karena, biasanya untuk kapasitas peserta sangat terbatas dan jika sudah penuh maka tidak akan ada yang bisa masuk lagi ke dalam pertemuan tersebut.
Jadi, sekarang sudah paham kan cara membuat ID Zoom meeting dengan mudah serta simple. Gunakanlah cara di atas jika ingin mengadakan sebuah pertemuan penting menggunakan aplikasi Zoom. Namun, yang perlu diingat jangan sebarkan ID pada orang yang tidak berkepentingan dalam pertemuan itu.